SELAMAT DATANG |
DAFTAR SEKARANG – Don’t be late
  • Thu 02 March 2017
  • Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minu
  • 54
  • Artikel

DAFTAR SEKARANG – Don’t be late

 

Perusahaan merupakan suatu entitas yang dapat dikatakan sebagai barang mati, karena perusahaan hanya berjalan manakala orang-orang yang berada dalam perusahaan melakukan tugasnya, dengan kata lain perusahaan hidup manakala sumber daya manusia (SDM) yang berada dalam perusahaan bekerja.

 

Seluruh SDM yang berada dalam perusahaan pasti memiliki tugas pokok dan fungsinya sendiri-sendiri, dan tugas masing-masing individu pas saling terkait satu dengan lainnya, oleh karena itu dalam manejemen ada yang disebut dengan istilah “Service of Excellent”  yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja setiap individu, untuk mempermudah pekerjaan individu lain yang melanjutkan pekerjaannya.

 

Coba kita bayangkan manakala pekerjaan seseorang hasilnya justru mempersulit pekerja lain yang bertugas melanjutkan pekerjaannya, tentu ini akan berakibat pada rendahnya kinerja perusahaan, namun sangat disayangkan hal ini jarang sekali diperhatikan oleh middle management maupun top management, sebagai contoh di PDAM manakala pemasangan jaringan perpipaan distribusi atau blok meter pelanggan tidak dilakukan dengan baik, yang berakibat pada adanya kebocoran atau rendahnya perputaran meter air pelanggan, maka ini akan mempersulit kinerja Bagian Hubungan Pelanggan yang berkewajiban meningkatkan pendapatan perusahaan.

 

Terkait dengan hal tersebut diatas maka peningkatan profesionalisme kerja SDM yang berada di perusahaan harus terus menerus ditingkatkan sejalan dengan semakin besarnya operasional perusahaan, bagaimana halnya di PDAM, nampaknya hal ini belum dijadikan hal yang penting, akibatnya sangat sulit untuk meningkatkan kinerja perusahaan, sebagai bukti untuk meningkatkan status kinerja PDAM dari kurang sehat menjadi sehat, memerlukan durasi waktu kurang lebih 3 tahun, ini waktu yang cukup lama, salah satu penyebab utamanya adalah tingkat profesionalisme SDM yang rendah.

 

Untuk mengatasi hal ini maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Balai Teknik Air Minum (BTAM) setiap tahun menyelenggarakan bimbingan teknis bagi SDM PDAM, dengan tujuan utama meningkatkan profesionalisme SDM PDAM yang kemudian akan mempercepat peningkatan kinerja PDAM.

 

Pada tahun 2017 ini, Balai Teknik Air Minum, yang berlokasi di Bekasi, akan menyelengarakan bimtek dengan berbagai materi yang diperlukan oleh PDAM, diantaranya Pengoperasian IPA, Pengawasan Kualitas Air pada Proses Pengolahan Air Minum, Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Transmisi dan Distribusi, Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK-ETAP, Hubungan Pelanggan dan Pemasaran, dan lain-lain.

Bimtek yang diselenggarakan oleh BTAM didanai melalui 2 (dua) mekanisme, yaitu APBN maupun swadana oleh PDAM. Untuk mekanisme APBN, bimbingan teknis diperuntukkan bagi calon peserta yang telah diusulkan oleh PDAM melalui infoairminum.com pada tahun 2016 lalu dan melalui kegiatan Kebutuhan Akan Bimbingan Teknis (KABT) yang diselenggarakan oleh BTAM. Sedangkan untuk mekanisme swadana, pendanaan akan dilakukan oleh PDAM yang berminat dengan besaran biaya mengacu pada ketentuan yang berlaku. Bagi PDAM yang berminat dapat menghubungi BTAM untuk mengajukan usulan peserta bimtek swadana ini.

 

Jadwal tentative bimtek BTAM – BEKASI :

http://ciptakarya.pu.go.id/btam/agendatahunan  dan kontak yang dapat dihubungi :

 

Balai Teknik Air Minum,

Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR

Jl. Chairil Anwar I No. 1, BekasiTimur

Telp./Fax.: (021) 8804242, 8804156

Email: sekretariat@balaitams1.com

 

KEGIATAN
Statistik Pengunjung
  • Statistik Hari Ini
  • Statistik Bulan Ini
  • Statistik Tahun Ini
  • : 31
  • : 923
  • : 3085
Link Terkait